Friday 31 May 2013

cara membuat tampilan program kita seperti office di delphi 7



assalamualaikumm,, wrr,,wb,,

salam sejahtera,, :D
oke kali ini saya akan share sedikit tentang bagaimana mempermanis program yang kita buat menggunakan delphi 7. biar gk bosen,,,,, :D
disini saya menggunakan komponen DevExpress. yang bisa anda download di Bawah ini:


Ikuti Langkah-langkah dibawah ini:

step 1: Install yang di download tadi. saya anggap sudah beres karena saya tidak meragukan kemampuan sobat dalam hal instal menginstall.

step 2 : Buka Delphi sobat !! Perhatikan Pallete-nya. Jika seperti dibawah ini, berarti instalasi sudah sukses.


step 3 : Pada Pallete ExpressBar, Tambahkan Komponen dxBarManager dulu, setelah itu dxRibbon. bagaimana ? sudah ada penampakan ? hoho

step 4 : klik dua kali komponen dxBarManager lalu tambahkan Beberapa Toolbar, seperti gambar di bawah ini:



step 5 : Klik Kanan Pada komponen dxRibbonTab1 -> Add Tab. kemudian pada masing-masing Tab ganti Captionnya pada Object Inspector 


Step 6 : Klik 1 Kali Tab Home. Lihat Pada Object TreeView Sobat -> dxRibbon -> dxRibbonTab1 -> Group -> Add Item



Step 7 : Klik 1 Kali Item yang tadi ditambahkan pada Group (tdxRibbonTabGroup). Perhatikan Object Inspector Sobat. ToolBar -> Pilih Salah Satu Toolbar yang tadi dibuat dengan dxBarManager (Pada Step 4)


Step 8 : Ulangi Langkah 8 dan 9 Agar Semua Toolbar ditambahkan pada tdxRibbonTabGroup. Hasil Sementara Seperti dibawah ini :


Step 9 : Klik Kanan Pada salah satu dari tiga Toolbar tersebut -> Add Large Button. Ubah Captionnya sesuai Kebutuhan. Jika Ingin Menambahkan gambar Pilih LargeGlyph


Oke sekian, anda masih bisa ngembangin dengan imajinasi anda sendiri,,,
karena ada banyakk sekali komponen-komponen didalamnya yang belum saya coba.
sekian untuk hari ini. semoga bermanfaat.





1 comment:

  1. dx bar manager sama dx ribbon nya yang mana gan, ane gatau :D

    ReplyDelete